-->

Tips Mempercepat Kerja Ponsel Android

Ada banyak daya yang terkandung dalam kotak kaca kecil yang Anda bawa sepanjang hari. Kami memiliki CPU delapan inti, beberapa gigabyte RAM, dan baterai dengan kapasitas ribuan milliampere-jam, tetapi terkadang pengalaman itu tidak sesuai dengan potensi perangkat keras. Ada yang salah, pengaturan menjadi kacau, dan aplikasi menjadi tamak akan sumber daya. Ini dapat membuat ponsel menjadi lamban dan mematikan baterai. Itu pasti masalah, tetapi jangan khawatir, kami dapat memperbaikinya dalam beberapa langkah sederhana.


Periksa pembaruan

Pembaruan apa? Semua pembaruan. Jika Anda tidak memiliki pembaruan otomatis yang diaktifkan di Play Store, atau Anda tidak sering terhubung ke Wi-Fi, Anda harus menjalankan semua pembaruan aplikasi yang tersedia untuk Anda sebelum mengambil tindakan yang lebih drastis. Mungkin beberapa aplikasi atau yang lain memiliki pembaruan yang buruk dan menyebabkan kerusakan di latar belakang. Mendapatkan versi terbaru mungkin memecahkan masalah Anda hanya dalam hitungan menit.

Anda juga harus memeriksa pembaruan sistem di menu Tentang telepon di Pengaturan. Anda mungkin akan mendapat notifikasi ketika pembaruan melalui udara sudah siap, tetapi tidak semua operator terus mendorongnya setelah Anda menutup peringatan. Jika ada pembaruan yang tersedia untuk perangkat Anda, pastikan Anda menginstalnya. Anda mungkin dapat menemukan cerita horor tentang pembaruan OS jika Anda melihat-lihat, tetapi kisah-kisah ini berada dalam minoritas ekstrim. Biasanya Anda akan mendapatkan perbaikan keamanan dan (yang penting) peningkatan kinerja.

Hapus dan nonaktifkan aplikasi

Jika Anda sudah menggunakan ponsel selama beberapa bulan, Anda mungkin telah mengumpulkan cukup banyak koleksi aplikasi yang jarang Anda buka. Mungkin Anda pikir Anda akan menggunakannya pada titik tertentu, tetapi mari kita nyata, Anda tidak — pernah. Anda harus pergi melalui perangkat Anda dan menghapus apa pun yang Anda tidak benar-benar butuhkan.

Android memungkinkan aplikasi untuk memulai dan berjalan di latar belakang. Itu biasanya bukan masalah, tetapi beberapa aplikasi (seperti yang disebutkan di atas) dapat berbuat salah. Tugas pengaturan latar belakang mikro adalah resep untuk bencana karena setiap layanan yang Anda bunuh hanya akan memulai ulang sendiri dan menyeret sistem ke bawah dan membuang lebih banyak baterai dalam prosesnya. Lebih sedikit aplikasi yang dipasang berarti sedikit tugas latar belakang untuk Android untuk menyulap. Hanya menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan bisa menyelesaikan masalah Anda. Anda mungkin juga melihat kelesuan jika ponsel Anda hampir kehabisan ruang, jadi membersihkannya bisa membantu dalam hal itu.

Untuk aplikasi sistem yang tidak diinginkan yang tidak dapat Anda copot, Anda harus menonaktifkannya dari pengaturan aplikasi utama (begini). Ini menyembunyikan mereka dari laci aplikasi dan mencegahnya memulai di latar belakang. Jika aplikasi ini macet ke bawah ponsel Anda, masalah terpecahkan.

Bersihkan layar rumah Anda

Sebagian besar pembuat perangkat memiliki layar beranda mereka sendiri, tetapi ada juga berbagai alternatif pihak ketiga dan Peluncur Now milik Google di Play Store. Satu hal yang mereka semua miliki adalah dukungan widget. Widget sangat bagus, kecuali ketika Anda sedikit terbawa suasana dan mereka membuat ponsel menjadi lamban.

Jika Anda merasa terlalu banyak ketinggalan, pertimbangkan untuk menghitung kembali apa yang sedang berjalan di layar utama. Mungkin hanya satu atau dua widget yang menyebabkan masalah, jadi carilah hal-hal yang sering menggulir atau menyegarkan. Wallpaper hidup juga dapat menyebabkan perangkat menderita kinerja yang buruk, jadi beralih ke yang statis untuk melihat apakah itu memperbaiki apa pun.

Lebih pintar dengan mode hemat daya

Anda mungkin harus menjawab dengan tegas. Mode hemat daya yang disertakan di hampir semua ponsel dapat menghemat sedikit jus dan memperpanjang waktu yang dapat digunakan, tetapi mereka datang dengan kekurangan. Misalnya, mereka akan memperlambat kecepatan clock prosesor Anda, dan mengurangi tingkat di mana tampilan digambar. Tidak mengherankan, itu membuat ponsel terasa lebih lambat. Dapat terlihat jika Anda sudah berurusan dengan masalah kinerja.

Ada tempat untuk mode hemat daya, tentu saja. Saat Anda benar-benar kehabisan baterai dan umur panjang lebih penting daripada kinerja, tentu, aktifkan. Sebagian besar ponsel bahkan memiliki pengaturan untuk secara otomatis mengaktifkan mode hemat daya pada ambang tertentu. Jangan tinggalkan mode ini di sepanjang waktu seperti yang dilakukan sebagian orang.

Penyetelan ulang pabrik lengkap

Meskipun betapa luar biasa smartphone, mereka tidak sempurna. Terkadang Anda tidak tahu apa yang salah, dan tidak ada pengaturan dan aplikasi yang mengutak-atik yang akan mengembalikan perangkat ke kinerja seperti baru. Jika semuanya gagal, Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan reset perangkat sepenuhnya. Ini dapat menyelesaikan masalah apa pun yang Anda hadapi dengan aplikasi, tetapi juga dapat menyembuhkan masalah yang ganjil dan tidak mungkin untuk mendiagnosis masalah sistem. Sangat menyedihkan bahwa hal semacam ini masih terjadi, tetapi jika ada semacam kesalahan atau kesalahan konfigurasi mendalam, ini mungkin satu-satunya tindakan yang Anda lakukan.

Sebelum menyetel ulang ponsel Anda, pastikan Anda sudah menyimpan semua data penting di tempat lain. Anda dapat menyimpan file di layanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive. Data aplikasi lebih sulit untuk ditangani, tetapi Helium Backup kompatibel dengan sebagian besar perangkat dan tidak membutuhkan root.

Anda dapat memulai ulang perangkat dari pengaturan sistem utama di menu Backup dan reset yang tepat. Anda juga dapat melakukan boot ke mode pemulihan dan menyetel ulang dari sana, tetapi itu hanya diperlukan jika ponsel Anda tidak boot ke Android dengan benar. Jika Anda perlu mengatur ulang, semoga Anda setidaknya berakhir dengan perangkat Android yang tajam di ujungnya.

0 Response to "Tips Mempercepat Kerja Ponsel Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel